Gejala Katarak dan Pilihan Pengobatan Katarak Terbaik

Katarak tidak jarang terjadi. Orang yang berusia di atas 60 tahun memiliki peluang 50% terkena katarak!

Jika Anda menderita katarak, kemungkinan besar Anda memiliki banyak pertanyaan tentangnya. Beberapa pertanyaan ini mungkin termasuk yang berikut:

• Apa itu katarak?

• Apa yang menyebabkan katarak?

• Apa saja pilihan pengobatan yang tersedia untuk mengoreksi katarak?

• Bagaimana kemajuan modern dalam kedokteran berkontribusi pada penglihatan yang lebih baik bagi mereka melihat anatomi mata yang menderita katarak?

Apa Itu Katarak?

Terkadang, lensa di mata Anda mulai keruh. Saat perubahan ini berkembang, mereka mungkin mulai berdampak negatif pada penglihatan Anda dalam berbagai cara. Pada awalnya, katarak tidak selalu terlihat oleh Anda, tetapi seiring berkembangnya katarak, katarak dapat secara signifikan mengganggu penglihatan Anda.

Sebagian besar pasien katarak melaporkan masalah penglihatan seperti: kesulitan membaca, efek halo, penglihatan kabur, penurunan penglihatan pada malam hari, penglihatan ganda, dan bahkan kesulitan klinik mata bekasi mengidentifikasi warna.

Apa Penyebab Katarak?

Katarak dapat terbentuk sebagai akibat dari sejumlah kondisi, seperti: usia tua, diabetes, glaukoma, merokok, genetika, trauma, dan bahkan jenis obat tertentu. Beberapa studi penelitian terbaru menunjukkan bahwa katarak dapat menjadi hasil dari akumulasi produk akhir glikasi lanjut, atau AGEs, sementara penelitian sebelumnya menunjukkan korelasi kekurangan vitamin B2 atau riboflavin. Studi lain menunjukkan bahwa tingkat antioksidan yang rendah, terutama senyawa seperti karotenoid, dapat berkontribusi pada perkembangan katarak.

Yang terbaik adalah menghubungi dokter mata Anda jika Anda mulai memiliki salah satu gejala katarak yang tercantum di atas. Dokter mata Anda mungkin dapat membantu Anda mengidentifikasi apakah katarak atau kondisi lain yang menyebabkan masalah penglihatan Anda.

Katarak paling sering terjadi pada orang tua, meskipun mungkin mulai berkembang pada usia 40 tahun, dan bahkan dapat terjadi secara kongenital. Katarak mungkin mulai berkembang karena alasan yang berbeda pada orang yang berbeda.

Pilihan Perawatan Katarak

Sayangnya, tidak ada perawatan medis khusus yang dapat membalikkan katarak atau mencegahnya terjadi. Mungkin dalam satu dekade atau lebih, mungkin ada.

Saat ini, ada beberapa opsi untuk membantu memulihkan penglihatan Anda. Semua perawatan ini memerlukan semacam operasi. Operasi katarak adalah prosedur rawat jalan selama 15 menit. Operasi ini biasanya dilakukan tanpa perlu jahitan, jarum, atau tambalan. Ada beberapa jenis implan yang dapat digunakan selama operasi Anda yang dipilih tergantung pada kondisi unik Anda.

1. Implan Lensa Monofokal Standar: Ketika lensa jenis ini digunakan untuk menggantikan lensa mata Anda, lensa ini menawarkan penglihatan yang sangat baik, tetapi hanya pada satu jarak yang ditentukan, untuk penglihatan jauh. Anda masih membutuhkan kacamata untuk membaca dari dekat.

2. Implan Lensa Multifokal: Ketika lensa multifokal digunakan untuk menggantikan katarak, Anda dapat melihat objek dekat dan jauh. Anda mendapatkan manfaat lensa monofokal standar untuk jarak jauh dan manfaat penglihatan dekat melalui bagian lain lensa. Tidak perlu kacamata setelah jenis perawatan ini pada kebanyakan pasien.

3. Implan Lensa Toric: Lensa jenis ini mengoreksi astigmatisme. Lensa ini dapat digunakan untuk jumlah kecil dan besar atau astigmatisme, dan kadang-kadang untuk jumlah yang sangat besar dari astigmatisme dapat dikombinasikan dengan LASIK. Setelah operasi, Anda mungkin masih memerlukan kacamata baca.

4. Pertukaran Lensa Refraktif: Dalam operasi ini, lensa alami Anda, yang belum berkembang menjadi katarak, diganti dengan lensa buatan, mirip dengan prosedur di atas untuk operasi katarak. Lensa ini dapat berupa lensa multifokal, monofokal, atau torik. Ini bisa menjadi alat yang ampuh dan aman bagi pasien yang memiliki kelainan refraksi tetapi bukan calon lasik atau hanya lelah memakai kacamata baca. Dapat mengoreksi astigmatisme, rabun jauh, rabun dekat, dan presbiopia.

Cara Menemukan Ahli Bedah Katarak

Jika Anda perlu menjalani operasi katarak, ada baiknya untuk meluangkan sedikit waktu dan mempelajari pilihan Anda untuk menemukan dokter bersertifikat dewan terbaik yang tersedia. Ada banyak dokter mata yang mungkin tersedia untuk membantu, tetapi pilihlah dokter terbaik di daerah Anda untuk memastikan penglihatan Anda berada di tangan yang tepat.

Anda dapat menemukan profesional yang memenuhi syarat dengan mencari secara online tetapi referensi pribadi dari teman dan keluarga selalu yang terbaik. Jangan mendasarkan keputusan Anda pada biaya. Tinjau situs web dokter dengan cermat, dan mintalah untuk berbicara dengan pasien mereka yang ingin menjadi sumber bagi orang lain yang membutuhkan prosedur katarak. Setelah mengumpulkan semua informasi ini, biarkan intuisi Anda mengarahkan Anda ke dokter yang tepat untuk Anda.

Elizabeth Holland adalah ahli bedah katarak dan LASIK bersertifikat, dengan minat khusus pada bedah okuloplastik dan prosedur kosmetik (operasi kelopak mata, pengangkatan kelopak mata, BOTOX).

Holland dan stafnya menawarkan layanan perawatan mata yang komprehensif, termasuk pemeriksaan mata rutin, diagnosis dan pengobatan glaukoma, diabetes, degenerasi makula, dan katarak. Dr. Holland dapat membantu Anda terbebas dari kacamata baca dengan implan multifokal yang canggih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *