Impor dan Eksport

Perekonomian Belgia diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan sebesar 2% pada tahun 2011, menurut prakiraan terbaru, yang merupakan kabar baik bagi perusahaan angkutan, yang terus mencermati tren ekonomi karena lebih banyak perdagangan Jasa Angkut Barang berarti lebih banyak bisnis pengiriman barang. Tahun 2010 juga melihat pertumbuhan PDB Belgia sebesar 2% serta sedikit penurunan pengangguran dan pengurangan defisit sektor publik, sehingga prospek Belgia terlihat baik, mengikuti beberapa tahun yang sulit di tahun 2008 dan 2009, yang mengalami banyak Mitra Logistic perusahaan pelayaran dan perusahaan angkutan prihatin dengan prospek angkutan internasional.

Meskipun merupakan negara yang sangat kecil, Belgia melampaui bobotnya dalam angkutan internasional. Faktanya, Belgia adalah salah satu dari sepuluh negara perdagangan terbesar di dunia. Belgia adalah negara modern dan ekonominya didasarkan pada perusahaan swasta.

Sebagian besar industri berpusat di wilayah Flanders di bagian utara negara itu, yang merupakan wilayah paling padat penduduknya.

Belgia tidak memiliki banyak sumber daya alam dan karena itu mengimpor sejumlah besar bahan mentah, jadi ini menyumbang sebagian besar dari angkutan barang yang terikat ke dalam. Ketergantungan pada impor bahan mentah ini memang membuat Belgia agak rentan terhadap fluktuasi pasar dunia.

Tingkat layanan kargo Belgia yang tinggi mencerminkan lokasinya yang sentral di dalam Uni Eropa dan sekitar tiga perempat dari semua perdagangannya adalah dengan negara-negara Uni Eropa lainnya. Dari jumlah tersebut, Jerman menyumbang bagian terbesar dari ekspor, terhitung hampir 20% secara total, dengan Prancis sebesar 17%, Belanda 12%, Inggris 7% dan Italia 5%. Amerika Serikat menyumbang 5% lebih lanjut.

Industri utama di Belgia adalah teknik dan produk logam, perakitan kendaraan bermotor, instrumen ilmiah, makanan dan minuman olahan, bahan kimia, minyak bumi, kaca dan tekstil.

Ekspor terpenting dari Belgia adalah mesin dan peralatan, bahan kimia, berlian jadi, produk logam, dan bahan makanan.

Salah satu ekspor Belgia yang paling terkenal di kalangan masyarakat umum adalah cokelat, dengan cokelat Belgia identik dengan kualitas. Perusahaan pengangkutan tertentu telah dipersiapkan dengan baik untuk menyediakan persyaratan yang diperlukan untuk pengiriman barang yang mudah rusak seperti cokelat berkualitas baik.

Sedangkan impor yang paling penting adalah bahan baku, mesin dan peralatan, intan mentah, obat-obatan dan produk minyak.

Sebagian besar impor oleh angkutan barang berasal dari Belanda, terhitung 18%, Jerman 17%, Prancis 11%, Irlandia 6%, Amerika Serikat 6% dan Cina 4%.

Merefleksikan keadaan ekonomi yang positif, Antwerpen di Belgia adalah pelabuhan dengan pertumbuhan tercepat untuk pengangkutan peti kemas dalam jangkauan Hamburg – Le Havre. Selain pelabuhan laut di Antwerp, Belgia juga memiliki pelabuhan di Zeebrugge, Ostend, Liege, Brussels, dan Ghent.

Belgia juga telah membangun infrastruktur transportasi barang yang sangat baik untuk jalur air, jalan raya, dan kereta api.

Jaringan saluran air pedalaman besar Belgia menghubungkan pelabuhan laut utama Belgia ke saluran air pedalaman Eropa, yang merupakan fasilitas penting lainnya bagi perusahaan pelayaran. Sungai utama Belgia, Maas dan Scheldt, serta berbagai kanal dan anak sungainya yang saling berhubungan, menyediakan rute angkutan barang di seluruh negeri. Faktanya, ini adalah sistem saluran air terbesar kedua di seluruh Eropa dan menawarkan transportasi yang sangat efisien untuk pengiriman barang.

Belgia juga memimpin dalam layanan pengiriman barang dengan perkembangan mutakhir dari konsep transportasi gabungan. Sejumlah pelabuhan peti kemas untuk pengiriman darat telah dibangun dan pelabuhan Antwerp telah diperluas dengan dermaga peti kemas pasang surut, dermaga Deurganck, yang memungkinkan kapal untuk ditangani lebih cepat. Infrastruktur rel kecepatan tinggi ke dan dari pelabuhan Antwerpen juga diperluas lebih jauh.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *