Laser Cutting Berkualitas

Pemotongan laser adalah teknologi yang menggunakan laser dalam memotong berbagai jenis bahan, kebanyakan logam seperti baja karbon, aluminium, baja tahan karat dan paduan tembaga. Ini banyak digunakan dalam industri fabrikasi logam untuk jasa laser cutting meningkatkan kecepatan potong dan kapasitas pemotongan, mengurangi biaya produksi, meningkatkan produktivitas dan meningkatkan kualitas pemotongan.

Laser atau LASER (Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation) adalah perangkat yang menghasilkan sinar cahaya monokromatik dan koheren terkonsentrasi tinggi. Cahaya dihasilkan melalui proses emisi terstimulasi.

Di antara laser yang paling umum digunakan dalam pemotongan adalah laser karbondioksida (laser CO2), sejenis laser gas yang juga digunakan dalam pengelasan. Ia mampu memancarkan maksimum 100 kilowatt pada 9,6 µm dan 10,6 µm dan memotong 20-30 m material setebal satu milimeter dalam satu menit.

Pemotongan dilakukan dengan mengarahkan energi yang dihasilkan oleh laser berdaya tinggi ke sebagian kecil objek yang akan dipotong. Porsi kecil itu ditusuk terlebih dahulu sebelum dipotong.

Dari lubang kecil, potongan dibuat baik dengan menggerakkan sinar melintasi area material yang sedang dipotong, atau dengan menggerakkan objek saat laser tidak bergerak. Seseorang dapat menggunakan kedua metode tersebut. Saat pancaran cahaya yang intens mengenai bagian dari objek atau material, suhu yang terakhir meningkat, menyebabkannya meleleh, terbakar dan menguap bahkan tanpa jumlah panas yang cukup.

Tidak semua bahan membutuhkan jumlah daya laser yang sama (laju di mana energi disalurkan oleh cahaya). Bahan yang lebih tebal membutuhkan lebih banyak daya laser sedangkan yang lebih tipis membutuhkan daya laser yang lebih kecil. Biasanya, pemotongan laser karbondioksida dilakukan dengan 1.000 hingga 1.500 watt. Material seperti baja membutuhkan lebih dari dua kW.

Dibandingkan dengan prosedur pemotongan logam lainnya, pemotongan laser jauh lebih menguntungkan, meskipun memiliki beberapa kelemahan juga. Keunggulan utamanya adalah presisi, kualitas pemotongan, kecepatan potong, dan ekonomi. Di antara kekurangannya adalah kebutuhan tegangannya yang tinggi. Ada juga risiko terkena luka bakar serius dari sinar laser.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *