Minum Vitamin Sebaiknya Kapan? Ketahui Waktu yang Tepat agar Bermanfaat

Minum Vitamin Sebaiknya Kapan? Ketahui Waktu yang Tepat agar Bermanfaat

Jika ditanya minum vitamin sebaiknya kapan, jawaban yang Anda dapatkan pasti beragam. Vitamin bisa diminum pada pagi, siang, atau malam hari bergantung pada tipe vitamin yang diminum. Pasalnya, tidak seluruh vitamin di terima dengan cara yang sama oleh tubuh.
Ada lebih dari satu vitamin yang baik dikonsumsi sesudah makan, ada pula yang jadi semestinya masuk ke tubuh selagi perut kosong. Mengetahui selagi paling baik konsumsi vitamin bertujuan agar tubuh beroleh khasiat paling baik berasal dari vitamin yang masuk.
Namun, dibanding Anda repot menebak-nebak selagi terbaik, perihal terpenting yang mesti Anda melaksanakan adalah rutin mengonsumsinya. Jika vitamin sebetulnya sedang dibutuhkan oleh tubuh, jangan hingga Anda tidak mengonsumsinya sama sekali.

Kapan sebaiknya minum vitamin?
Memang lebih baik beroleh nutrisi yang memadai berasal dari pola makan yang seimbang. Namun, tidak bisa dipungkiri ada lebih dari satu orang yang butuh asupan tambahan yang didapat berasal dari suplemen vitamin. Suplemen ini dikonsumsi untuk melengkapi kekurangan akibat gizi makanan yang kurang seimbang.
Masing-masing suplemen vitamin miliki selagi yang pas untuk diminum. Anda hanya mesti menyesuaikannya. Berikut selagi yang pas konsumsi vitamin berdasarkan jenisnya: vitamin perkuat daya tahan tubuh

1. Vitamin yang larut dengan air
Vitamin yang larut dalam air layaknya vitamin C sebaiknya diminum selagi perut kosong
Vitamin C sebaiknya diminum ketika perut kosong
Jenis vitamin yang larut dalam air adalah vitamin C dan lebih dari satu besar vitamin B. Vitamin yang larut dalam air ini lebih baik diminum selagi perut kosong. Anda bisa mengonsumsinya 30 menit sebelum saat makan atau dua jam sesudah makan.
Untuk vitamin C, tubuh juga tidak akan menyimpannya sebagai cadangan nutrisi. Karena itu, sebaiknya Anda konsumsi dalam dosis kecil setiap hari. Tubuh akan menyerap kebutuhan harian vitamin selanjutnya dan mengikis sisanya lewat urine.
Sama halnya dengan vitamin B yang sebaiknya dikonsumsi selagi pertama kali bangun tidur. Sebuah studi menyebutkan, beraneka tipe vitamin B (B2, B6, dan B12) terbukti bisa sebabkan kondisi hati lebih baik dan menurunkan stres. Jadi, Anda bisa menjalani hari dengan lebih ceria.
Hindari konsumsi vitamin B6 pada malam hari atau menjelang tidur. Penelitian menyatakan tipe vitamin ini bisa mengganggu tidur, apalagi sebabkan mimpi buruk.

2. Vitamin yang larut dalam lemak harga sop 100 subarashi
Vitamin yang larut dalam lemak sebaiknya diminum selagi malam hari
Vitamin A, D, E, dan K sebaiknya diminum sesudah makan malam
Vitamin yang juga kategori yang larut dalam lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Anda direkomendasikan untuk beroleh asupan vitamin ini pada malam hari sesudah makan malam. Hal ini disebabkan dikarenakan vitamin selanjutnya butuh lemak untuk melarutkannya di dalam tubuh.
Semua vitamin selanjutnya akan dibawa dalam aliran darah ke organ-organ tubuh penting yang membutuhkannya. Sebaiknya konsumsi vitamin yang larut dalam lemak hanya dalam persentase kecil.
Sisa vitamin yang tidak digunakan oleh tubuh akan disimpan dalam hati. Terlalu banyak yang tersimpan jadi akan beresiko untuk tubuh.

3. Vitamin untuk ibu hamil
Studi menyebutkan, konsumsi vitamin untuk ibu hamil sebelum saat makan akan sebabkan perut mual. Untuk itu, ada baiknya Anda yang sedang mengandung mesti konsumsi sedikit makanan sebelum saat minum vitamin.
Beberapa nutrisi sebetulnya lebih enteng diserap selagi perut kosong, layaknya zat besi. Vitamin ibu hamil juga berwujud kumulatif, menjadi sebaiknya mengonsumsinya setiap hari.
Vitamin kehamilan layaknya asam folat bisa menghindar janin mengalami spina bifida. Sebaiknya, Anda mengecek persentase suplemen vitamin sebelum saat membelinya. Mengonsumsi vitamin dengan dosis ganda jadi akan beresiko untuk ibu hamil. Untuk itu, berkonsultasilah dengan dokter sebelum saat konsumsi vitamin prenatal.

4. Suplemen mineral
Bukan hanya vitamin, Anda juga butuh asupan mineral untuk melindungi kesehatan tubuh. Sebut saja zat besi, kalsium, magnesium, dan zinc yang dibutuhkan setiap hari. Nutrisi selanjutnya juga terdapat dalam suplemen kesehatan yang bisa didapatkan di pasaran.

Biarpun sebetulnya bermanfaat, studi menyatakan konsumsi suplemen mineral sangat banyak akan sangat beresiko untuk tubuh. Sebaiknya, konsumsi suplemen ini selagi perut sudah terisi. Jangan lupa untuk khususnya dulu berkonsultasi dengan dokter sebelum saat memilih tidak benar satu suplemen kesehatan.
Haruskah minum suplemen vitamin setiap hari?
Mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral sebetulnya tidak beri tambahan efek yang tidak baik bikin tubuh. Dengan catatan, asupannya mesti sesuai dengan dosis yang direkomendasikan dokter dan dikonsumsi dengan benar, baik sebelum saat dan sesudah makan.

Selain itu, konsumsi suplemen semestinya dilaksanakan selagi tubuh merasakan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tersebut. Setiap orang semestinya beroleh asupan nutrisi berasal dari makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Karena itulah, penting untuk tetap melindungi pola makan dengan gizi seimbang. Selalu berkonsultasi ke dokter berkenaan vitamin yang akan Anda konsumsi jangan sembaran konsumsi vitamin.
Catatan berasal dari SehatQ

Waktu paling baik untuk konsumsi vitamin sebetulnya mesti sesuai dengan tipe vitamin itu sendiri. Ada vitamin yang baik dikonsumsi pada pagi hari sebelum saat makan, tetapi ada juga yang butuh asupan makanan untuk kurangi efek samping pada tubuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *