Sejarah Sepeda – 1960 hingga Sekarang dan Sesudahnya

Dalam artikel sebelumnya, sejarah sepeda disajikan bersama dengan tonggak penting dari tahun 1800-an hingga 1950-an. Artikel ini akan membahas kemajuan dan tonggak yang telah terjadi dari tahun 1960-an hingga saat ini bersama dengan tren apa yang mungkin kita lihat di masa depan.

Ada beberapa inovasi di tahun 1960-an yang penting bagi dunia bersepeda. Inovasi tersebut hadir hingga saat ini.

Pada tahun 1963, perusahaan AS, Schwinn memperkenalkan model Sting Ray yang sangat populer. Tak lama setelah diperkenalkan, desain radikal menginspirasi generasi baru pengendara. Agak radikal sendiri, mereka mulai menggila yang sekarang dikenal sebagai BMX.

Pada tahun 1964, perusahaan Jepang Suntour memperbaiki pemindah gigi belakang. Desainnya disebut derailleur jajaran genjang. Ini adalah desain yang masih ada sampai sekarang.

Pada tahun 1969, Suntour juga memperkenalkan konsep baru, Index Shifting. Karena kurangnya minat di pasar, Suntour meninggalkan produk tersebut. Tidak akan sampai beberapa tahun kemudian sampai kita akan melihat versi Index Shifting yang berhasil dianggap sebagai standar saat ini.

Amerika Serikat mendominasi inovasi besar yang terjadi sepanjang tahun 1970-an. Kemajuan teknologi memungkinkan produsen memperkenalkan material baru yang lebih ringan.

Pada tahun 1970, film On Any Sunday dirilis. Ini adalah film tentang balap motor khususnya motorcross. Pada awalnya adalah adegan dengan anak-anak mengendarai Schwinn Stingways di trek yang meniru balap motorcross. Meskipun adegan itu sangat singkat, itu sangat besar yang berkembang darinya. Pada tahun 1974 diselenggarakan acara balap BMX secara nasional.

Dari tahun 1974 hingga 1975 perusahaan memperkenalkan bingkai yang berfokus pada bobot yang ringan. Teledyne memperkenalkan dunia sepeda Titanium yang diproduksi secara massal. Trek antara lain memperkenalkan rangka serat karbon, dan Gary Klein, Klein Bicycles, memperkenalkan rangka aluminium yang dilas dan diberi perlakuan panas. Beberapa perusahaan lain juga beralih ke bingkai aluminium, termasuk Canondale.

Inovasi sepeda paling signifikan di tahun 1980-an adalah ketika Specialized memperkenalkan Stumpjumper pada tahun 1981. Itu adalah sepeda gunung yang diproduksi secara massal pertama di dunia.

Rock Shox menjadi eksistensi yang menonjol ketika mereka meningkatkan sepeda gunung dengan memperkenalkan produk-produk yang menciptakan sepeda gunung bersuspensi penuh pada tahun 1987.

Rilis penting lainnya di tahun 80-an adalah desain pedal tanpa klip LOOK dan Shimano meluncurkan pemindahan indeks model SIS mereka.

Dari tahun 1990-an hingga saat ini telah terjadi peningkatan lebih lanjut pada desain lama, rem cakram hidrolik, 33 kereta penggerak kecepatan, pemindah gigi listrik, dan lain-lain.

Dan bagaimana masa depan? Meningkatkan efisiensi yang sudah super dari kereta penggerak adalah salah satu bidang yang menarik. Cari perlengkapan internal segera hadir. Disebut roda gigi planet, yang unik adalah semua roda gigi tertutup dalam sebuah hub. Cari juga sepeda tanpa rantai, menggunakan poros penggerak dan sabuk penggerak. Anda akan melihat pergeseran elektronik maju jauh melampaui keadaannya sekarang. Komputer akan diintegrasikan ke dalam sepeda yang melakukan fungsi yang Anda harapkan seperti kecepatan, jarak, dan kalori yang terbakar, tetapi digabungkan dengan fitur seperti pengenalan sidik jari untuk anti-pencurian.

Sebuah survei Radio BBC mensurvei pendengarnya baru-baru ini menanyakan apa benda favorit mereka yang ditemukan sejak tahun 1980-an. Saat ini Anda akan berpikir bahwa komputer atau televisi atau mobil akan menempati peringkat tertinggi. Tak satu pun dari mereka bahkan meraih 5% suara. Memimpin daftar dengan tanah longsor besar dengan lebih dari 50% adalah, ya Anda dapat menebaknya, sepeda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *